Selasa, 19 Juni 2012

Makanan Ini Ampuh Stabilkan Emosi Saat Haid

http://i.okezone.com/content/2012/06/18/482/649377/MtT3Wje4qH.jpg
 
 
 
LELAH mengatasi mood yang turun naik jelang haid? Periksa kembali makanan yang Anda konsumsi. Bisa jadi, pilihan makanan Anda memicu terjadinya ketidakstabilan emosi.

Makanan sangat berpengaruh untuk menstabilkan emosi, terutama bagi wanita ketika menghadapi menstruasi. Namun, jangan dulu lelah menghadapinya. Pemilihan makanan yang tepat dapat memudahkan Anda menstabilkan emosi saat haid menghampiri. Sheknows memberikan bocoran makanan yang direkomendasikan dan juga wajib Anda hindari.

Manjakan diri dengan cokelat hitam

Sepotong cokelat hitam (dengan kadar kakao 60 persen atau lebih) setiap hari selama haid akan membantu mengurangi keinginan ngemil. Plus, cokelat hitam mengandung antioksidan membantu dan meningkatkan homon serotonin, yaitu hormon yang dapat membantu memperbaiki mood Anda.

Minum air yang banyak

Minum lebih banyak air akan membantu tubuh Anda mengurangi retensi air (gemuk air) dan kembung. Gemuk air disebabkan karena tubuh menahan air karena takut tidak mendapatkan cukup air. Jadi, jika Anda memberikan apa yang dibutuhkan tubuh (air), tubuh akan rajin melepas air dalam tubuh penyebab retensi air.

Konsumsi makanan yang kaya magnesium

Makanan kaya akan magnesium seperti kacang, tahu, dan kacang tanah diperkirakan dapat mengurangi kembung pada wanita yang sedang menstruasi.

Jangan lupa konsumsi vitamin

Vitamin E dapat membantu menghilangkan beberapa gejala PMS. Vitamin E dapat ditemukan dalam alpukat, biji rami, dan kuning telur. Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang, pisang, dan oatmeal dapat membantu mengurangi kembung dan meningkatkan mood Anda. Sedangkan vitamin C dan seng mendukung kesehatan telur dan sistem reproduksi wanita. Vitamin C terkandung dalam buah jeruk dan lemon sementara seng bisa ditemukan dalam biji labu. (ind)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar