Rabu, 20 Juni 2012

Cara Hemat Liburan di Jakarta

Hari libur nasional atau libur hari raya kerapkali dimanfaatkan oleh mayoritas warga Jakarta untuk berlibur. Ada yang berlibur ke luar kota, ada yang sekedar mudik sejenak, ada juga yang bersama teman-teman mengunjungi beberapa tempat menarik di luar kota Jakarta. Banyaknya orang yang bepergian pada long weekend ini tak pelak lagi menimbulkan kemacetan parah ke sejumlah titik wisata seperti kawasan Puncak dan tol Cikampek.
Untuk anda yang tetap berada di Jakarta selama liburan ini, jangan cemas. Anda tetap dapat menikmati liburan menyenangkan yang bagus untuk menyegarkan pikiran dari kepenatan rutinitas anda. Dan tentunya, liburan yang saya maksud adalah iburan cerdas tanpa kuatir kantong jebol.

1. Wisata Keliling Jakarta


hanyaakudanduniaku.blogspot.com

Jakarta memiliki sarana transportasi massal yang disebut dengan Busway atau Bus Transjakarta. Nah, kalau biasanya armada busway selalu penuh di hari-hari kerja, maka pada liburan biasanya busway relatif lebih sepi. Tak ada salahnya anda berkeliling Jakarta dengan menggunakan moda transportasi ini. Mungkin, setelah berkeliling Jakarta menggunakan busway, akan tumbuh dalam diri anda kebiasaan untuk menggunakan transportasi massal, sehingga mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta.
Cukup dengan uang 3500 saja, anda sudah bisa berkeliling Jakarta. Dengan catatan, anda tidak turun di halte terakhir. ada beberapa jurusan atau koridor yang bisa anda pilih. Dan tentunya, sangat jarang bukan menikmati fasilitas busway dengan nyaman di hari libur.

2. Museum


sakinakinoy.wordpress.com
Mengunjungi museum membosankan? Cobalah bawa anak atau keponakan anda, maka museum bukan lagi menjadi tempat yang membosankan. Anak kecil memang memiliki keingintahuan yang sangat tinggi. Anda pun akan senang melihat senyum ceria anak atau keponakan anda saat anda membawanya ke Museum Sejarah TNI yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto. Di halaman museum yang merupakan pusat sejarah TNI itu, dipajang beberapa benda khas tentara seperti, helikopter dan peluncur roket. Tentu saja mengunjungi mueseum dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru untuk si kecil, atau mungkin untuk anda sendiri?
Museum Fatahillah di Kawasan Kota Tua mungkin sudah biasa. Ingin suasana lain dari museum di Jakarta? Museum ini menawarkan pengalaman seru, karena di dalamnya banyak terdapat patung-patung yang kalau difoto, efeknya memang seperti pemakaman di luar negeri. Pernah menonton film Constantine? Di Museum ini, anda dapat merasakan seolan berada dalam setting pekuburan yang ada di film itu. Museum apa? Ternyata Museum Taman Prasasti yang memang dulunya adalah lokasi pemakaman jaman Belanda kuno.

3. Monas


Air Mancur Menari (tempatwisata.web.id)
Landmark Jakarta yang satu ini memang memiliki pesona yang tak ada habisnya. Monas setiap akhir pekan selalu dipadati oleh orang-orang sekitar yang ingin berolahraga atau sekedar berekreasi. Selain Museum yang ada di basement, anda bisa naik ke puncak monas. Meskipun harus mengantri cukup lama, namun pengalaman melihat pemandangan Jakarta dari ketinggian sangat sayang untuk dilewatkan. Kabarnya, jika cuaca sedang cerah, dari puncak tugu Monas dapat terlihat istana kepresidenan yang ada di Bogor.
Beruntung bagi anda jika datang ke Monas pada hari Minggu sore. Karena ada pertunjukan air mancur menari saat gelap datang. Sangat asik mendengar alunan musik dengan suguhan air mancur yang meliuk-liuk mengikuti irama musik lengkap dengan tata lampu yang menawan. Pagelaran itu dilakukan dua kali, pada pukul 19.00 dan pada pukul 21.00.(rei)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar