Selasa, 12 Juni 2012

Jangan Lupa Nutrisi Ini Kalau Ingin Tubuh Tinggi



Nggak percaya diri dengan tinggi badan kamu? cukupilah nutrisi dari makanan yang bergizi. Kurangnya nutrisi dapat menghambat hormon pertumbuhan sehingga membuat tubuh menjadi pendek. Sebab setidaknya ada lima nutrisi penting yang bisa menjadi peningkat tinggi badan alami.

Hormon pertumbuhan manusia (Human Growth Hormone atau HGH) adalah sekresi dari kelenjar hipofisis yang meningkatkan tinggi badan. Kekurangan protein dan nutrisi bisa menyebabkan pertumbuhan terbatas atau sangat lambat. Namun ini berlaku bagi kamu-kamu yang masih dalam usia pertumbuhan. Dilansir boldsky, ada lima nutrisi penting yang dapat meningkatkan tinggi badan secara alami:

1. Kalsium
Kalsium penting untuk menjaga tulang yang kuat. Makanan kaya kalsium meningkatkan pertumbuhan tulang. Kalsium terkandung dalam susu, yoghurt, keju, dan telur.

2. Vitamin D
Vitamin yang sangat dibutuhkan untuk tinggi badan adalah vitamin D. Vitamin ini membantu penyerapan kalsium, perkembangan tulang dan fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Makanan yang kaya vitamin D contohnya ikan, sereal, telur, tahu, susu kedelai, kacang kedelai, jamur, sosis, dan kacang almond.
3. Protein
Makanan yang mengandung protein dapat menyehatkan dan efektif menambah tinggi badan karena perbaikan jaringan tubuh dan membangun jaringan baru. Asam amino dalam makanan kaya protein sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh manusia.
Makanan kaya protein contohnya susu, keju, kacang hijau, biji (labu, semangka dan labu), ikan (tuna, salmon), daging tanpa lemak, daging sapi tanpa lemak, kacang tanah, kacang, ayam, oatmeal, kacang kedelai.

4. Vitamin A
Selain meningkatkan kualitas pandangan mata dan membantu membuat kulit bercahaya, vitamin A dibutuhkan tubuh untuk menjaga kalsium dalam tulang dan membuatnya kuat dan sehat. Makanan yang kaya vitamin A di antaranya bayam, bit, wortel, ayam, melon, pepaya, persil, susu, tomat, kacang polong dan aprikot.

5. Mineral
Mineral berperan membangun jaringan tulang, meningkatkan pertumbuhan tulang, dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Untuk menambah tinggi badan secara alami, lebih baik jika kita mengonsumsi makanan yang kaya mineral seperti kacang hijau, brokoli, bayam, kol, labu, wortel, lentil, kacang tanah, pisang, plum, anggur, dan persik. (cumicumi@Jak)

Tips:
Ingin mendapatkan tinggi badan yang ideal? Jangan lupa asupan lima nutrisi di atas yang dibutuhkan tubuh kamu untuk menjadi tinggi. Mengonsumsi makanan di atas termasuk cara alami meninggikan tubuh dan juga bermanfaat bagi kesehatan kamu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar