Sabtu, 21 Juli 2012

Styrofoam Berbahaya untuk Makanan

Membungkus makanan menggunakan bahan styrofoam dinilai membahayakan. Bahkan, WHO mengkategorikan styrofoam sebagai bahan yang memicu kanker.

 

Styrofoam yang memiliki nama lain polystyrene , Begitu banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupannya sehari hari. Begitu Styrofoam diciptakan pun langsung marak digunakan di Indonesia. Banyak keunggulan pada styrofoam yang yang akan sangat menguntungkan bagi para penjual makanan seperti tidak mudah bocor, praktis dan ringan sudah pasti lebih disukai sebagai pembungkus makanan mereka. Bahkan kita tidak dapat dalam satu hari saja tidak menggunakan bahan polimer sintetik.

Dampak yang lainnya adalah bagi kesehatan manusia, kandungan yang terdapat pada styrofoam seperti benzen, carsinogen, dan styrene akan bereaksi dengan cepat begitu makanan dimasukkan kedalam styrofoam. Uap panas dari makanan akan memicu rekasi kimia ini terjadi lebih cepat, misalnya saja zat benzen yang bila sudah bereaksi dan masuk kedalam tubuh dan masuk kedalam jaringan darah dan terakumulasi selama bertahun tahun akan menimbulkan kerusakan pada sum sum tulang belakang, menimbulkan anemia dan bahkan mengurangi produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengankut saripati makana dan oksigen ke seluruh tunuh. Bila jumlah sel darah merah kita semakin berkurang akibat dari reaksi styrofoam ini maka tubuh kita akan mengalmai beberapa gejala yang kurang wajar. Lalu zat yang tidak kalah bahayanaya adalah carsinogen yang dapat mengakibatkan kanker, carsinoge akan lebih berbahaya bila pemakai wadah styrofoam atau plastik digunakan berulang ulang karena carsinogen mudah larut.

Banyak sudah negara yang mengeluarkan peraturan untuk tidak menggunakan styrofoam contohnya kanada korea je[ang dan masih banyak lagi. Sekarang tinggal kita tunggu pemerintah kita untuk mengeluarkan peraturan tentang larangan penggunaan styrofoam. Bila negara kita belum mengeluarkan peraturan tentang styrofoam ini hendaknya kita yangmulai untuk menyadari bahaya bahan ini.

semoga ulasan sedikit bisa menambah wawasan dan berhati-hati.trim's


*Dikutip dari berbagai sumber lalu diolah.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar