Sabtu, 07 Juli 2012

Rutin Bercinta Bisa Memperpanjang Umur


Seks pastinya membuat pasangan merasa puas dan bahagia. Namun tak cuma itu saja, ada pula manfaat lain yang mungkin baru kita ketahui yakni berhubungan seksual rutin dapat menambah angka harapan hidup kita hingga delapan tahun.

Apalagi kalau dalam bercinta bisa mencapai orgasme, maka umur seseorang bisa semakin panjang. Sebab, seks rutin meningkatkan kadar hormon, kesehatan jantung, kekuatan otak, serta sistem kekebalan sehingga dapat menikmati masa muda lebih lama. Dilansir laman Timesofindia, berikut ini adalah manfaat aktivitas seks rutin yang bermanfaat bagi umur.

1. Orgasme
Sebuah studi menemukan bahwa orgasme dapat meningkatkan jumlah sel penghadang infeksi hingga 20 persen. Orgasme yang rutin juga membuat kaum Adam dua kali lebih mungkin mencapai usia tua dibandingkan cowok yang tidak bercinta. Bagi cewek hal ini memberinya umur delapan tahun lebih lama.

Satu kali orgasme saja bisa membanjiri tubuh kamu dengan bahan-bahan kimia yang meningkatkan mood dan relaksasi, begitu juga dengan ikatan emosional. Pasangan menikah yang hidup bahagia pun cenderung berumur lebih panjang daripada lajang atau pasangan yang memiliki hubungan negatif.

Cewek yang mencapai orgasme dua kali sepekan juga memiliki kemungkinan 30 persen lebih kecil terserang penyakit jantung dibandingkan cewek yang tidak menikmati seksnya.

2. Berhubungan seks lebih dari sekali sepekan
Bercinta sedikitnya sekali dalam seminggu akan mempertahankan hormon, jantung, dan otak kita dalam kondisi terbaiknya. Terbukti, cowok yang bercinta lebih dari tiga kali dalam seminggu mengurangi risik mengidap serangan jantung atau stroke hingga 50 persen. Usia pasangan yang rutin bercinta lebih dari sekali seminggu juga bertambah lebih dari dua tahun.
3. Meningkatkan mood bercinta
Agar bisa mendapatkan seks yang baik, tentu kita butuh mood atau suasana hati yang bagus. Itulah kenapa bahan-bahan kimia yang ada di otak yaitu dopamin, asetilkolin, GABA, dan serotonin begitu penting. Kurangnya hasrat seks akibat sakit, kecapekan atau masalah lainnya bisa saja menurunkan salah satu dari empat bahan kimia tersebut.

Kadar dopamin berfungsi menumbuhkan mood dan kepercayaan diri kamu. Untuk itu cobalah makan kemangi, lada hitam, cabe, jinten, bawang putih, jahe, dan kunyit. Sedangkan asetilkolin membantu meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan fokus kamu. Ini terkandung dalam makanan segala jenis rempah-rempah, kemangi, daun peppermint, sage dan thyme.

GABA adalah antidepresan alami yang bisa didapatkan dari anggur merah. Kemudian serotonin bertugas mendorong rasa bahagia dan relaksasi kamu. Ini bisa diperoleh dari daging kalkun, pisang, dan cokelat. Lebih dari itu, bercinta dengan menggunakan mood yang sangat baik bisa menambah usia kita hingga lebih dari 10 tahun.

4. Fit saat bercinta
Sebuah studi menemukan kalau pasangan yang bercinta lebih dari dua kali seminggu memiliki kadar antibodi lebih tinggi sehingga tubuhnya terlindung dari flu dan demam. Usia pun bisa bertambah hingga lebih dari delapan tahun. Namun meski bercinta lima kali sehari itu penting bagi hubungan, akan lebih bermanfaat jika kamu melakukannya dua kali seminggu.

5. Bercumbu
Bercumbu membantu melepaskan 'hormon ikatan' bernama oksitosin yang sering dikaitkan dengan pertambahan angka harapan hidup hingga tujuh tahun. Penelitian juga telah menemukan bahwa oksitosin dapat memperpanjang umur dan orang-orang yang berada dalam suatu hubungan juga cenderung tidak rentan terkena penyakit kronis dan depresi.

6. Seks untuk Hindari Kanker
Selain bonus pertambahan usia hingga delapan tahun, seks rutin juga bisa dijadikan sebuah instrumen untuk melindungi cowok dan cewek dari kanker. Menurut sebuah studi, cewek yang rajin bercinta berisiko lebih sedikit terserang kanker payudara, begitu juga dengan penelitian dari Nottingham University yang menunjukkan bahwa lelaki tua namun melakukan seks aktif cenderung tidak terkena kanker prostat. (cumicumi@Jak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar