Kamis, 30 Agustus 2012

Puting Payudara Asimetris? Ini Penjelasannya



Puting pada sepasang payudara cewek itu memiliki fungsi utama untuk menyusui anak jika dia sudah berumah tangga. Besar puting payudara juga ada yang memiliki perbedaan bentuk atau ukuran antara kanan dan kiri. Namun hal ini wajar terjadi. Kondisi ini mungkin disebabkan kongenital atau terjadi sejak lahir dan mungkin juga dapat muncul setelah pubertas.

Kebanyakan cewek tidak percaya diri dengan penampilan puting yang asimetri atau tidak berbentuk dan ukuran sama antara kanan dan kiri. Padahal itu tidak perlu, sebab letak puting selalu di dalam baju dan tidak terlihat. Namun demikian buat kamu yang tetap ingin puting payudara kamu terlihat indah bisa mengikuti sejumlah cara berikut yang dilansir laman Dailyglow.

1. Salah satu puting sedikit lebih kecil, tetapi keduanya tampak normal
Jika kondisi kedua puting tidak sama besar atau yang sebelah lebih kecil, dapat diatasi dengan memberikan injeksi asam hialuronat seperti Restylane atau Juvederm. Suntikan tersebut diterapkan pada puting yang lebih kecil agar menjadi lebih gemuk dan besarnya sama dengan puting di sisi payudara yang lain.
Daerah puting adalah daerah yang sangat sensitif, dokter biasanya hanya akan mengoleskan krim bius topikal pada puting sebelum menyuntikkan asam hialuronat ke pasien. Jarum yang digunakan juga berukuran sangat kecil. Pasien dapat mengalami mati rasa ringan sampai satu jam sesudahnya, tetapi dapat langsung melanjutkan kegiatan normalnya. Namun hasilnya tidak langsung terlihat melainkan bakal tampak sekitar enam bulan kemudian.

2. Puting kecil, mendatar atau terbalik
Untuk mengatasi kondisi puting tersebut, suntikan mungkin tidak efektif. Kondisi ini hanya dapat diatasi dengan bedah plastik. Saat operasi plastik, hal yang dapat dilakukan adalah melepaskan serat yang menarik-narik puting ke dalam. Proses ini dilakukan dengan anestesi lokal dan tidak menyebabkan pendarahan atau memar sama sekali.

3. Puting pecah, nyeri, atau ruam
Jika puting menunjukkan tanda-tanda seperti nyeri, ruam, atau bahkan pecah, segera kunjungi dokter untuk memastikan apakah termasuk gejala infeksi atau pertumbuhan jenis kanker payudara yang dapat menyebabkan perubahan di puting. Sebab seperti diketahui, kanker payudara bagaikan musuh dalam selimut. Tidak nampak, namun mematikan dari dalam. (cumicumi@Jak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar