Selasa, 14 Agustus 2012

Jakarta: Valentino Rossi telah menyatakan kepada Yamaha bahwa dirinya ingin membawa kru mekaniknya ke tim motor pabrikan Jepang itu pada musim balap MotoGP 2013. Selama ini, kru mekanik tersebut selalu ikut kemana pembalap Italia itu pindah. Terakhir, Rossi membawa kru mekaniknya ketika pindah dari Yamaha ke Ducati pada akhir 2010.

Kru mekanik yang dikepalai Jeremy Burgess ini pertama kali bekerja bersama Rossi pada 2001. Ketika itu, The Doctor baru pertama kali membalap di kelas 500CC bersama tim Honda. Pada 2004, Rossi pindah ke tim Yamaha dengan mengajak kru mekaniknya, termasuk Jeremy Burgess. Begitu pula ketika ia memutuskan bergabung dengan Ducati.

Pada 10 Agustus lalu, Rossi secara resmi diumumkan kembali membalap bersama Yamaha tahun depan. Seperti sudah diperkirakan, kali ini ia juga berusaha membawa para kru mekaniknya itu untuk mengikuti langkahnya. Pebalap kelahiran Urbino itu sudah mengemukakan keinginannya kepada manajemen Yamaha untuk membawa Jeremy Burgess beserta anak buahnya.

Rossi dan Jeremy Burgess merupakan duet yang menjadi momok hampir seluruh pebalap MotoGP sejak era 2000 hingga 2010. Kepala mekanik kelahiran Australia itu disinyalir ikut berperan besar dalam mengembangkan sepeda motor yang ditunggangi Rossi. Kejeniusan Burgess yang dikombinasikan dengan kemampuan Rossi dalam memberikan masukan terhadap pengesetan mesin yang di atas rata-rata pebalap lainnya menjadikan mereka sebagai duet yang digdaya.

Selama periode 2000-2010, Rossi meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009. Sedangkan pada 2000 (tahun pertama berlaga di 500CC) dan 2006 Rossi keluar sebagai runner-up di akhir musim. Bersama Burgess, Rossi telah menorehkan 79 kemenangan di kelas motor paling bergengsi itu.

Saat Rossi meninggalkan Honda di penghujung 2003 dan bergabung dengan Yamaha, ia membawa hampir seluruh kru mekaniknya, termasuk sang kepala mekanik Jeremy Burgess, Alex Briggs, Bernard Ansiau, dan gary Coleman. Di Yamaha, ia juga bertemu dengan Brent Stephens dan Flamigni sebagai krunya. Keenam krunya tersebut akhirnya mengikuti langkah Rossi ke Ducati di akhir 2010.
Burgerss ketika ditemui MCN di rumahnya di Adelaide mengatakan, Rossi sudah memintanya untuk mengikutinya pulang ke Yamaha. "Valentino telah mendiskusikannya meski aku belum berbicara kepada pihak Yamaha. Kita lihat saja nanti," ucapnya.
Penasihat pribadi Rossi yang juga merupakan mantan bos tim Yamaha, Davide Brivio, mengatakan, Yamaha sadar akan keinginan Rossi untuk membawa tim kru mekaniknya tersebut. "Valentino sudah menyatakan hal itu, namun semuanya bergantung pada Yamaha untuk mengevaluasi semuanya sebelum membuat kesepakatan pribadi dengannya," ujarnya. "Saya yakin Yamaha akan berbicara kepada mereka dalam pekan-pekan ke depan, namun ini terserah Yamaha apakah akan memperkerjakan mereka."(MCN/BOG)
 
 
Sumber:http://sport.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar