Kamis, 30 Agustus 2012

Orang Galak dan Pemarah, Gampang Kena Stroke



Pernahkah kamu melihat orang yang galak dan suka marah-marah? Atau jangan-jangan itu diri kamu sendiri yang tempramental? Jika ya, baiknya hati-hati saja, sebab selain membuat orang tersebut cepat tua dan dijauhi teman, dia juga rentan terserang stroke meski tidak merokok dan menjauhi junk food.

Dibandingkan orang-orang pada umumnya, seseorang yang memiliki sifat gampang marah dan tidak sabaran punya risiko dua kali lebih tinggi untuk kena stroke. Peningkatan risiko ini hampir setara dengan kebiasaan merokok yang juga merupakan faktor risiko pada serangan stroke.

Dilansir laman Dailymail, Kamis (30/08), para ilmuwan di Spanyol membuktikan hal itu setelah mengamati 150 orang dewasa yang mengalami serangan stroke, lalu membandingkannya dengan 300 orang dewasa sehat dari lingkungan yang sama. Selain mencatat riwayat penyakitnya, para ilmuwan juga mengamati kepribadian para partisipan.

"Pola perilaku bisa menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai pemicu stres dalam hidup," kata ahli saraf dari San Carlos University Hospital Dr Jose Antonio Egido. Hasil penelitiannya kemudian dipublikasikan dalam Journal of Neurology.
 
Jose Antonio Egido meneliti kepribadian yang buruk, semisal gampang marah dan tidak ramah dikaitkan dengan riwayat stres yang sifatnya kronis. Berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan, stres kronis memang merupakan salah satu faktor risiko pada serangan stroke sperti halnya merokok.

Namun yang mengejutkan dalam penelitian ini adalah, peningkatan risiko stroke pada orang pemarah hampir setara dengan kebiasaan merokok. Baik sifat pemarah maupun kebiasaan merokok, sama-sama bisa meningkatkan risiko stroke hingga dua kali lipat.

Selain karena merokok dan punya sifat pemarah, risiko stroke juga meningkat dengan adanya riwayat pengalaman traumatis atau emosional. Misalnya pada orang yang pernah sangat berkabung dan gagal berdamai dengan perasaannya, risiko stroke bisa meningkat hingga empat kali lipat. (cumicumi@Jak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar