Kamis, 09 Agustus 2012

Bermain Musik Bikin Otak Tetap Encer


Musik bagi banyak orang menjadi suatu hal yang dinilai bisa membantu menenangkan otak dan perasaan. Bahkan, tak cuma itu, jika kita bisa bermain musik, maka hasilnya bakal lebih besar lagi, yakni mencegah otak tetap encer.

Hal ini ditemukan dari hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience baru-baru ini. Dari studi yang melibatkan 70 orang musisi dan bukan musisi ditemukan kalau belajar alat musik dan terus memainkannya berpengaruh pada mental sehingga menjadi positif sepanjang aktivitasnya. Penelitian ini dilakukan oleh dua peneliti Brenda Hanna-Pladdy dari Emory University di Atlanta, Amerika Serikat dilansir laman Healthday. Tak cuma itu, kebiasaan bermain musik terbukti memberi manfaat positif bagi pendengaran. Jika seseorang belajar musik dari kecil hingga dewasa, maka ia memiliki memori dan kemampuan kognitif yang lebih baik dibanding yang sebaliknya. Jika hal ini tetap bertahan hingga usia lanjut, maka kemampuan berpikir akan tetap baik.

"Perilaku dapat mengubah otak Anda. Masa kecil, yang merupakan saat otak masih berkembang, belajar alat musik dan terus memainkannya dapat menjadi dasar yang berdampak besar dikemudian hari," ujar Hanna-Pladdy. Hanna-Pladdy juga menambahkan, jika seseorang baru belajar alat musik saat usia pertengahan atau dewasa dan rutin bermain, maka ia tetap akan mendapatkan manfaat pencegahan penuaan otak. Namun, hal itu tidak sebesar orang yang bermain sejak kecil. (cumicumi@Jak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar